Selasa, 07 Februari 2017

Pengertian TCP/IP

  Tidak ada komentar
Pengetian TCP/IP

Assalamualaikum Wr.Wb
Hasil gambar untuk tcp ip
 Hai sahabat Blogger kali ini aku akan membahas TCP/IP.TCP/IP memang tidak asing bagi para Networking Enginer .Penggunaan TCP/IP sangat penting berkat TCP/IP kita bisa berselancar ria dia Internet .Bayangkan bila tidak ada TCP/IP mungkin kita tidak tau akan Internet da Jaringan.

Apa itu TCP/IP??
 TCP/IP adalah protokol gabungan antara TCP(Transmission Control Protocol) dan IP(Internet Protocol) sebgai kelompok protocol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data antar komputer dalam jaringan yang memastikan data sampai ke alamat/komputer yang di tuju.

Secara umum,Komponen dari TCP/IP adalah sebagai betikut:

  1. Ip Address (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. 
  2. Netmask atau Subnet Mask berfungsi menunjukkan berapa pembagian panjang bit nework dengan bit host untuk mengetahui berapa jumlah host yang dapat terkoneksi didalam sebuah network.
  3. Network Address.Sebuah host tidak pernah berdiri sendiri namun memerlukan host lain dan bergabung membentuk sebuah Network. Alamat Network yang terbentuk inilah yang disebut sebagai Network Address. Network address didapat dengan membuat seluruh bit host menjadi 0.
  4. Broadcast Address adalah alamat dimana agar semua host yang berada di dalam sebuah network dapat dikirimkan data secara simultan.
  5. Gateway adalah alamat IP yang menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan yang
    lain.Jadi apabila sebuah host ingin berkomunikasi dengan host lain dalam sebuah jaringan yang berbeda, maka host tersebut harus melewati Gateway Address terlebih dahulu untuk mencapai host yang satunya.
  6. Nameserver Address adalah IP milik sebuah server Domain Name Service (DNS) yang bertujuan untuk menerjemahkan sebuah domain menjadi IP address maupun sebaliknya.
Sekian dulu dari saya bila ada salah kata mohon dimaafkan

Referensi : http://rizkyarifnur.blogspot.co.id

Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar :

Posting Komentar