Senin, 06 Februari 2017

Pengenalan Linux

  Tidak ada komentar
Linux
Assalamualaikum Wr.Wb
Hasil gambar untuk tux 
 Hai sahabat Blogger kali ini aku akan membahas mengenal lebih jauh tentang Linux .Bagi para pecinta Open Source pasti tidak asing lagi dengan Linux.Kita sudah sering menggunakan Linux.

Sejarah Linux
Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan
dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas
Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan
dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia dengan Lisesnsi GNU/Linux.
 Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router
  Linux disebarkan secara luas dengan bebas di bawah lisensi GNU (Genuine
Not Unix = bukan mesin unix) General Public License (GPL) atau lisensi
publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman merupakan
fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980
yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan
sebuah perangkat lunak sistem operasi.Proyek GNU yang mulai pada 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas.Dan Dari sinilah muncul Lisensi GNU/Linux.

Apa itu Linux
Linux merupakan sistem operasi yang open source dibawah lisensi GNU (Gnu is Not Unix), General Public License (GPL) sehingga gratis dan kita bisa memperoleh source codenya.



Linux kuat karena didukung oleh komunitasnya yang sangat banyak. Namun karena Linux bersifat open source tadi maka Linux pun mudah dikembangkan oleh siapa saja. 


Beberapa pengembang distribusi Linux yang terkenal adalah: Mandrake dengan Mandrake & Mandrivanya, RedHat dengan Redhat & Fedoranya,Suse,Debian,Gentoo,Slackeware,Xandros,Mint dan masih banyak yang lainnya.

Mengapa harus menggunakan Linux

1. Linux itu Gratis & Open Source

Jika kamu tidak ingin berurusan soal pembatasan dalam hak paten, maka linux adalah pilihan terbaik untuk anda. Linux dapat di edit source code nya, bahkan banyak perusahaan yang sangat inovatif melakukan hal tersebut, oleh karena itu sistem operasi ini banyak di adopsi oleh perusahaan bisnis.

2. Linux Lebih Aman Dibanding Server Lain

Linux bisa menjadi server yang sangat handal untuk sistem anda, linux memberikan keamanan yang sangat baik untuk para pengguna. Komunitas linux memberikan perbaikan-perbaikan keamanan untuk setiap ancaman keamanan yang ditemukan. Selain itu, pengguna linux juga menawarkan update kernel reguler dan patch keamanan secara rutin. Dalam hal ini, berarti tidak wajib bagi anda untuk memiliki program anti-virus untuk sistem anda.

3. Hadir Dengan Driver Yang Lengkap

Anda pasti pernah punya masalah driver di Windows, dimana sistem windows memberi tahu anda bahwa beberapa driver ada yang hilang dalam sistem anda. Dengan linux anda kecil kemungkinan mengalami hal tersebut, anda tidak perlu capek-capek mencari berbagai driver dari satu tempat ke tempat lain. Ini menghemat pengeluaran anda juga, karena sebagian besar driver sudah di sertakan dalam sistem operasi Linux. Tidak perlu repot dan stres memikirkan driver hardware yang rusak.
  

4. Linux Memiliki Komunitas Yang Besar

Salah satu alasan terbaik tentang Linux adalah kenyataan bahwa anda akan memiliki rasa memiliki. Anda memiliki platform dimana anda dapat berbagi segalanya dengan sesama pengguna/komunitas linux. Anda dapat menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang masalah linux, atau jika pertanyaan anda tergolong beda maka komunitas anda akan sengat senang membantu.


5. Linux Sudah Sudah Termasuk Berbagai macam aplikasi yang mirip dengan Aplikasi yang ada di Windows

Jika kita Menginstall Sistem Operasi Linux kita tidak perlu repot repot untuk mengistall aplikasi tambahan Seperti Office,Pengolah Grafis,dan lain-lain.Di Linux kita hanya tinggal mengupdate Aplikasi yang sudah ada Versi terbarunya  dan kita juga dapat Mengembangkan/Memodifikasi Aplikasi tersebut bahkan kita juga dapat membuat Aplikasi sendiri bila hafal/paham dengan kode pemrogramana

 

Sekian dulu dari saya bila ada salah kata mohon dimaafkan

 

Wassalamualaikum  Wr.Wb

Tidak ada komentar :

Posting Komentar