Sabtu, 18 Februari 2017

Install dan Konfigurasi Proftpd

  Tidak ada komentar
 Install dan Konfigurasi Proftpd

 Assalamualaikum Wr.Wb
Hasil gambar untuk proftpd logo
  Halo sahabat Blogger selamat pagi kali ini aku akan memberikan tutorial menginstall dan konfigurasi Proftpd.

A. Pengertian

ProFTPd adalah sebuah aplikasi yang di gunakan untuk melakukan transfer data atau yang lebih dikenal dengan FTP(file transfer protokol).FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
Singkat nya FTP adalah Penghubung transfer file melalui protokol jaringan
maksutnya FTP Adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk dapat neng unduh dan mengunggah file ke server melalui client dengan lebih mudah

B.Latar Belakang


Mempermudah Pengunduhan dan Pengguhana file ke PC Server

C.Maksud dan Tujuan


Mempermudah mengunduh dan mengunggah file ke PC server melalui client dengan lebih mudah

D.Alat dan Bahan

1.PC Server
2.PC Client
3.Koneksi Internet
E.Waktu Pelaksanaan


Saya membutuhkan waktu kurang lebih 10-18 menit

F.Pelaksanaan Kegiatan.

1.Masuk sebagai super user lalu ketikkan perintah

   #apt-get install proftpd
2.Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini ketik Y setelah itu tekan Enter
 3.Tunggu beberapa saat lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini
Pilih "standalone' lalu enter.Setelah itu tunggu beberapa saat.
 4.Jika sudah selesai ketikkan perintah
  #nano /etc/proftpd/proftpd.conf
 5.Lalu akan muncul tampilan seperti ini
Di paling akhir atau bawah isi dengan perintah
    <Anonymous /home/aku>
    User aku
    </Anonymouas>
Nb : Isi tulisan aku sesuai dengan keinginan anda 

Bila sudah tekdan Ctrl + X ketik Y lalu enter
6.Lalu tambahkan user baru dengan perintah
    #adduser aku
Nb:tulisan aku sesuai dengan tulisan pada saat anda mengisi di proftpd.conf
 7.Akan muncul tampian seperti ini mau diisi/tidak terserah anda bila sudah tekan Y lalu enter

8. Lalu restart proftpd.conf dengan perintah 

  #service proftpd restart atau #/etc/init.d/proftpd restart
9.lalu cek dengan user client apakah sudah berhasil atau belum lewat browser dengan mengetik "ftp://192.168.xxx.xxx" Sesuai dengan ip anda maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
 10.Lalu login dengan user yang sudah dibuat tadi sebelum cek kita buat folder dulu di user aku dengan perintah #mkdir ilmu mutiara
 11.Maka tampilannya akan seperti ini

Sekian dulu dari saya bila ada salah kata mohon dimaafkan

Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar :

Posting Komentar