Kamis, 02 November 2017

Apa itu Internetworking?Dan ada hubungan apa dengan OSI LAYER?

  Tidak ada komentar
Hai sobat blogger kali ini aku akan membahas internet woring dan OSI LAYER . Internetworking dan OSI Layer itu apa sih?Oke mari aku jelaskan.
Hasil gambar untuk internetworking

Internetworking adalah praktik menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan lain melalui penggunaan gateway yang menyediakan metode umum untuk merutekan paket informasi antar jaringan. Sistem jaringan interkoneksi yang dihasilkan disebut internetwork, atau hanya sebuah internet. Internetworking adalah kombinasi dari kata-kata antar ("antara") dan networking; bukan jaringan internet atau jaringan internasional.Biasanya alat yang digunakan adalah router, Paket-paket yang datang dari salah satu jaringan yang tergabung dengan internetwork akan diteruskan ke jaringan tujuannya oleh router, dengan menggunakan proses routing.Contoh internetworking yang paling terkenal adalah Internet, jaringan jaringan yang berbasis pada teknologi hardware yang mendasarinya, namun disatukan oleh standar protokol internetworking, Internet Protocol Suite, sering juga disebut sebagai TCP / IP.
Jumlah usaha terkecil untuk membuat internet (internetwork, bukan Internet), adalah memiliki dua LAN komputer yang terhubung satu sama lain melalui router. Cukup menggunakan switch atau hub untuk menghubungkan dua jaringan area lokal bersama-sama tidak menyiratkan internetworking; itu hanya memperluas LAN asli.Internetworking dimulai sebagai cara untuk menghubungkan jenis teknologi jaringan yang berbeda, namun menyebar luas melalui kebutuhan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal melalui semacam jaringan area luas. Istilah asli untuk internetwork adalah catenet.Definisi internetwork saat ini mencakup koneksi dari jenis jaringan komputer lainnya seperti jaringan area pribadi. Elemen jaringan yang digunakan untuk menghubungkan jaringan individual di ARPANET, pendahulu Internet, pada awalnya disebut gateway, namun istilah tersebut telah tidak digunakan lagi dalam konteks ini, karena kemungkinan kebingungan dengan perangkat yang berbeda secara fungsional. Saat ini gateway interkoneksi disebut router.
                    
Berkas:OSI-DARPA-TCP.png
OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI".Sebuah lapisan melayani lapisan di atasnya dan dilayani oleh lapisan di bawahnya. Misalnya, lapisan yang menyediakan komunikasi bebas kesalahan di seluruh jaringan menyediakan jalur yang dibutuhkan oleh aplikasi di atasnya, sementara ia memanggil lapisan bawah berikutnya untuk mengirim dan menerima paket yang terdiri dari isi jalur itu. Dua contoh pada lapisan yang sama divisualisasikan karena dihubungkan oleh koneksi horisontal pada lapisan itu.
 
OSI Reference Model memiliki tujuh lapis, yakni sebagai berikut:
Lapisan ke -
Nama Lapisan
Keterangan
7
Application layer
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
6
Presentation Layer
Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)).
5
Session layer
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.
4
Transport layer
Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan
3
Network layer
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
2
Data-link layer
Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras(seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
1
Physical layer
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

                Sekian dulu penjelasan dari saya bila ada salah kata mohon dimaafkan.
Source : Wikipedia

Tidak ada komentar :

Posting Komentar